Cisco Luncurkan Teknologi baru dalam Jaringan

Teknologi apa saja yang diluncurkan Cisco?



         Sandy dan Len adalah sepasang suami istri yang bertugas pada perusahaan komputerisasi pada tahun 1980. Ide tersebut muncul ketika kedua pasangan mengalami kesulitan untuk menghubungkan data dari masing-masing deparment. oleh karena itu mereka menghadirkan gateway yang mereka tempatkan di sebuang ruangan. Mereka berdua pertama mendirikan cisco Systems. Diawal tahun 1984, keduanya  memiliki server gateway berskala yang membawa perubahan dalam dunia networking. seiring berjalannya waktu kedua pasangan tersebut kembali memperbaharui nama perusahaan menjadi Cisco Systems, Inc pada tahun 1992. Compact Gateway Server (CGS), Advanced Gateway Server (AGS) merupakan produk pertama pada instansi tersebut. setelah itu datang temuan baru yang disebut Mid-Range Gateway Server (MGS),  Integrated Gateway Server (IGS) dan AGS +. Akhirnya membuat router cisco 2000, 3000, 4000, dan 7000 series. Router tersebut masih digunakan dan terus dikembangkan hinga saat ini. Cisco merupakan metode dan peralatan jaringan pertama untuk Internet. peralatan yang diciptakan cisco merupakan pelatanan yang mempermudah pengguna untuk menggunakan, memudahkan maupun mempercepat akses antara manusia dan jaringan komputer.

                Cisco mendukung semua jenis area atau cakupan yang bekerja pda jaringan seperti salah satu contoh Wide Area Network (WAN). Dengan adanya cisco router jaringan internet berbeda tempat atau alamat dapat terhubung dengan metode routing. dengan tujuan meneruskan paket data peer to peer dan peer to multi berguna agar semua dapat terhubung melalui jaringan internet dengan bantuan cisco dan protocol routing bertugas untuk mengatur lalulintas data yang terarah dan tepat pada sasaran. Paket yang dibentuk dengan algoritma akan diperiksa kemudian akan kirim ke alamat ip penerima. Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) yang bertugas untuk meningkatkan perform atau kecepatan dalam mengeksekusi inputan dari pengguna. Cisco router juga memiliki ROM, RAM, NVRAM  yang bertugas untuk mempercepat proses pembacaan data maupun hasil-hasil inputan.

Hybrid Computing

     Pada pelaksanaan daring, Vice President of Architectures Cisco, Viswanathan Iyer menyebutkan Cisco Intersight dapat mempemudah pengguna untuk mengembangkannya, darai tahapan pengujian hinga tahap penerapan pada aplikasi di hybrid cloud platform. “ platform Cisco Intersight  memudahkan pengguna melakukan pengembangan pada platform hybrid cloud dengan fitur yang mudah digunakan. Pada kesempatan ini kami juga menyediakan firur khusus bagi kolega kami” ujarnya. Fitur baru dari perangkat cisco Intersight Cloud Orchestrator, Intersight Workload Engine, dan Cisco Service Mesh Manager. Fungsi dari ketiga fitur untuk memudahkan platform mereka. 
          “Teknologi Thousand Eyes sudah digunakan pada router dan data center perusahan tersebut, memudahkan pengguna mendeteksi dan troubleshoot masalah dengan mudah, dimana saja dan kapan saja,” papar Vish. Ada juga Cisco Intersight merupakan cloud automation platform untuk pengguna. Fitur ini dapat digunakan di platform yang dimiliki oleh Cisco yang pastinya dengan tujuan mempermudah Pengguna. Ada juga yang tekrakhir dikembangkan, Cisco Nexus Dashboard, merupakan networking client di data space yang akan membantu pengguna untuk transisi dari 4G ke 5G melalui platform hybrid cloud Cisco.

All-new Webex Suite

              Marina menyebutkan, kondisi seperti ini, meeting yang dilakukan secara hybrid akan bisa digunakan dimana saja dengan koneksi internet. Bahkan memprediksi 98 persen meeting pada masa kedepan meeting akan dilakukan dari jarak jauh. “Model hybrid work berfungsi untuk mengabungkan interaksi langsung yang nantinya akan merubah pola dan kebiasaan pengguna, pada event dan teknologi. semua adalah dasar dari inovasi mereka, maka semua memiliki kesempatan yang sama dalm melakukannya," ujarnya. Marina juga menyebut, aplikasi Webex telah telah memberikan pengguna untuk dapat bertukar indormasi melalui audio dan visual tanpa terkecuali, antar negara dan dimanapun pengguna itu berada. Managing Director Software, Cloud and Collaboration Cisco APJC Hariharan S menyebutkan, All-new Webex Suite selalu memberikan nilai tambah, dengan menggabungkan meeting, calling, messanging, poling, dan event dalam satu paket dengan biaya 40% lebih rendah dibandingkan a-la-carte. Informasi, inspirasi dan insight di email pengguna. baru-baru ini cisco telah menambahkan 800 fitur dan beberapa perangkat baru ke dalam Webex untuk menciptakan pengalaman pengguna yang paling fleksibel dan inklusif, untuk bisnis yang sementara berjalan pada pendekatan yang lebih inklusif untuk strategi hybrid work-nya, dan untuk mereka yang akan terus bekerja dari mana saja,” ujar Hariharan. Fitur tambahan dari cisco: All-new Webex Suite antara lain, kemampuan penuh end-to-end, tools seperti audiens polling, kuis, Q&A oleh Slido. Speech intelligence merupakan  kemampuan menghilangkan noise removal, dan People Focus yang menggunakan pembelajaran mesin dan teknologi AI untuk membingkai ulang peserta rapat.


Operasi Hybrid Cloud 

Cisco memperkenalkan Cisco UCS X-Series
Unified Computing Stystem (UCS) sudah banyak digunakan di seluruh dunia kurang lebih 50.000 user sudah menggunakannya. UCS X-Series merupakan sistem utama dan yang berama di kembangkan untuk menunjang teknologi hybrid dari cloud dan antar cloud yang terintegrasi penuh dengan Cisco Intersight.
Dengan kolaborasi sistem rack and blade terbaik dan menampilkan teknologi UCS X-Fabric yang revolusioner, teknologi ini dibuat untuk menangani beban kerja yang fleksibel di masa kini dan siap untuk menangani ciptaan baru dari prosesor, akselerator, dan interkoneksi untuk komputasi pada mas depan.

Intersight Cloud Orchestrator
Menyediakan kerangka kerja otomatisasi yang low code dan mudah digunakan yang bisa menyederhanakan alur kerja yang kompleks, untuk memudahkan operasional IT mengatur infrastruktur dan beban kerja, dan memperpendek waktu pemberian layanan.

Intersight Workload Engine
platform yang yang tahan akan serangan atau could-native modern. di bangun dari pengembangan Kubernetes open-source dan Kernel-based virtual machine (KVM) menggunakan virtualisasi container-native, Intersight Workload Engine adalah sistem operasi Cisco untuk HyperFlex, yang memiliki manajemen SaaS yang tetap

Cisco Service Mesh Manager
Sebuah ekstensi baru untuk Intersight Kubernetes Service yang menghadirkan kemampuan observasi mendalam dan manajemen yang disederhanakan. Dilengkapi pula dengan kebijakan keamanan yang disederhanakan dan visualisasi intuitif topologi layanan di dalam kluster K8 on premis dan di cloud.

Cisco Cloud ACI Tersedia untuk AWS, Azure, dan sekarang di Google Cloud dan akan tersedia untuk umum antara bulan September-November tahun 2021. Kebijakan umum dan model operasi Cloud ACI® mengurangi biaya dan kompleksitas pengelolaan hybrid dan multicloud secara signifikan.

Observabilitas dan Wawasan
Integrasi ThousandEyes internet dan kecerdasan cloud
Cisco Catalyst 8000 Edge Series untuk switch SD-WAN dan Cisco Nexus 9000 untuk data center guna memberikan pengertian mendalam kepada para pelanggan mengenai kesehatan jaringan dan kinerja aplikasi dengan cara memantau seluruh kampus, cabang, data center, dan setiap titik jaringan WAN antara pengguna dan aplikasi.

Nexus Dashboard Orchestrator
Berfungsi sebagai antarmuka tunggal untuk mengkonfigurasi dan mengelola kebijakan umum di beberapa situs ACI di tempat, wilayah AWS dan Microsoft Azure, dan akan tersedia antara Bulan September- November 2021 di Google Cloud.

Intersight Cloud Orchestrator
Menyediakan kerangka kerja yang low code dan mudah digunakan untuk membuat dan mengotomatiskan alur yang kompleks sehingga operasional IT dapat mengatur infrastruktur dan beban kerja dengan mudah, serta memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk memberikan layanan.

Layanan Pengalaman Pelanggan (CX) untuk Cloud
CX Business Critical Services for Cloud menyediakan jasa konsultan dan keahlian sebagai pengamanan. Dan juga akan mengoptimalkan transformasi CX Intersight Workload Optimizer Services juga menjaga daya yang disalurkan dengan nCX Advanced Services for ThousandEyes and SD-WAN memberikan manajemen yang baik untuk cloud computing, desain dan integrasi handal. mempercepat Custom Quick Start Solutions menyediakan layanan yang handal untuk otomatisasi end-to-end dan infrastructure-as-code (IaaC).









Referensi