Apa saja yang terdapat di Ubuntu 20.04 LTS.

Fitur Baru di Ubuntu 20.04 Focal Fossa

Untuk build ubuntu bisa dengan proccesor 2GHz dual-core atau lebih semakin baik, 4gb memori sistem (RAM) minimal, hard drive  juga minimal 25gb, bisa di instal dengan berbagai media seperti flash/usb dan CD driver, dan juga bisa melalui internet. Yang sebelumnya ubuntu 18.04, saat ini sudah 20.04 dan akan menigkat kedepannya, berikut tampilan 20.04. Tampak perubahan yang terlihat sepintas.


Ubuntu 20.04 LTS ini merupakan versi yang akan bertahan lama untuk pengembangan berikutnya. versi LTS ini dibangun oleh Canonical sekitar 5 tahun untuk setiap peningkatan versi. Ubuntu Cloud, server Ubuntu, Ubuntu Core, Ubunty Kylin,  atau Ubuntu Cloud semua ini terdapat didalam 20.04 LTS sebagai pemeliaraan dan service dalam LTS tersebut, pemeliaraan akan berjalan selama 5 tahun mendatang. ada juga yang bisa sampai 10 tahun yang dinamakan (Extended Maintenance Release, ESM) untuk versi LTS.

Untuk versi LTS tentunya hanya untuk kebutuhan enterprise yang pastinya tidak akan sama dengan pengguna ubuntu biasa atau normal, Perbandingan yang dilakukan pada ubuntu 19.10 dengan ubuntu 20.04 salah satu perbedaan yang paling nampak pada Gnome 3.36. Selain daripada ini Gnome Display Manager (GDM) ini juga mendukung multi monitor. Untuk perubahan visual-nya ada pada penampilan depan, themes dan wallpaper seperti dark and light.

perubahan yang di alami pada Ubuntu 20.04,  Amazon Web Launcher sudah di hapus oleh Canonical.  pada ubuntu versi sebelumnya Canonical menetapkan pada halaman desktop  dan saat ini sudah ditiadakan. Dengan Amazon Web Launcher pengguna ubuntu dapat dengan mudah mengaksesnya karena berada pada tampilan dekstop. Akan tetapi Canonical mendapat banyak kritikan sehingga web launcher tersebut dihilangkan atau di hapus, selain dari pada itu pengguna menghawatirkan juga akan privasi yang dimilikinya. Oleh sebab itu Amazon untuk saat ini web launcher-nya dihilangkan. (Fauzi).

Berikut adalah perubahan pada Ubuntu 20.04 LTS :

  1. GNOME 3.36, termasuk lock-screen baru
  2. Linux Kernel 5.4
  3. Peningkatan dukungan instalasi dengan ZFS
  4. Wallpaper baru

1. GNOME 3.36, termasuk lock-screen baru

Bukan hal yang mudah mengubah GNOME menjadi 3.36, tapi bukan menjadi hal yang tidak mungkin juga untuk mengubahnya contohnya pada lock screen.

New Lock Screen

GNOME 3.36 sangat menghargai karya sebelumnya sehingga dilakukan pengembangan dari sisi font. font GNOME Shell dapat dengan mudah tanpa dirubah sesuai dengan yang diinginkan tanpa harus merubah pada .css akan tetapa secara langsung atau gui, dengan aplikasi GNOME tweaks ini sebelumnya sudah ada akan tetapi tidak dapat mendapat desain yang lebih seperti saat ini. terlihat pada gambar di bawah ini tampak GNOME versi default.


2. Linux Kernel 5.4

Karnel Linux 5.4 merupakan versi kernel tidak jaug berbeda dengan ubuntu sebelumnya adalah sama dengan yang digunakan pada Ubuntu 20.04 LTS, versi terbaik ini yang membuatnya lebih menarik sehingga belum mendapat pembaharuan. Tentunya seperti yang diharapkan pengguna karena versi ini dapat diperbaharui secara berkala dengan merubah perangkat keras dan memperbaiki bug secara realtime.


3. Peningkatan dukungan instalasi dengan ZFS


Seperti EXT4 atau bahkan yang digunakan dengan  dual boot dan diharapkan juga pada pengerjaan yang di lakikan pada Ubuntu 20,04 LTS, penerapan pada ZFS, Untuk hal lain yang sedang di kembangkan yaitu, Zsys,untuk mendukung partisi EFI (ESP), dengan pengubahan ukuran / boot yang dinamis, koreksi integrasi GRUB, pembongkaran / pemutusan yang tepat, di antara item-item lainnya. Untuk detail lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan README untuk kartu Zsys. Dengan implementasi penuh ZFS, dimulai dengan Ubuntu 20.04 Focal Fossa, kita dapat memiliki, misalnya, titik pemulihan yang lebih halus dan mudah digunakan. Artikel ini tidak berakhir di sini, terus bertukar ide di forum kami. Saya harap Anda melihat Anda lain kali, pelukan yang kuat.

4. Wallpaper baru

Di indonesia sendiri Distro Sekelas Ubuntu banyak peminatnya selain tampilannya yang cukup bagus dan elegant membuat user distro yang satu ini nyaman serta terlihat keren apabila di pakai. Baru baru ini kabarnya Distro Ubuntu telah melakukan update versi terbaru dan tentunya kalian penasaran kan apa saja yang di perbarui dari distro yang satu ini ? Simak ulasan berikut:

Apakah kalian ingin melihat wallpaper ubuntu yang terbaru versi 20.04? kali ini ngademin akan mengunkap wallpaper terbaru ubuntu 20.04 yang sempat bocor di kalangan anak pecinta sistem operasi ubuntu.


Ubuntu, sebuah distro linux yang sangat populer bagi kalangan awam maupun enterprise. distro yang satu ini memiliki banyak penggemarnya. dikarenakan ubuntu merupakan sebuah distro yang stabil, dan selalu di kembangkan oleh developernya.